life is adventure!!!!

Minggu, 25 September 2011

Review about Case 2 Study Question (Jawaban Kasus)

Review Case 2.
Perusahaan Percetakan dan Kemasan El Alamein
Perusahaan ini dirikan pada tahun 1921, El-Alamein adalah salah satu perusahaan percetakan dan industri kemasan terkemuka di timur tengah. Dengan kantor pusat (HQ) yang terletak di Alexandria, El-Alamein menempati area seluas 40.000 meter persegi dan mempekerjakan lebih dari 700 karyawan. El alamien telah berhasil memperoleh sertificate mutu internasional termasuk: ISO 9001, ISO 14001, ISO OHSAS 18001 dan BRC / TIO. perusahaan memiliki dua unit bisnis utama strategis (SBU).
Perusahaan ini menghadapi banyak tantangan antara lain :
Tidak ada infrastruktur yang handal, jaringan, server, penyimpanan atau PC, tidak ada seorang IT / ​​IS departemen dalam bagan organisasi; pesaing telah mengambil langkah-langkah serius dalam mengaktifkan teknologi digital.
Tahun 2006 Perusahaan ini harus membangun beberapa komponen  infrastruktur seperti jaringan komputer, sistem cadangan dan kebijakan keamanan. Setelah infrastruktur TI berhasil dilaksanakan, ini memungkinkan penerapan berbagai sistem termasuk waktu dan sistem kehadiran. (sistem) ini banyak menyimpan jam kerja yang hilang dan telah terkait dengan ERP. Memiliki website yang menarik dan informatif telah menjadi kebutuhan utama bagi banyak perusahaan, terutama yang menargetkan pasar internasional.

Jawaban Case 2 :
1.       Sistem apa yang dijelaskan di sini? Informasi apa yang berharga yang mereka berikan?
Jawaban :
Sistem yang dijelaskan dalam kasus ini adalah sistem ERP (Enterprise Resource Planning) yaitu sistem yang menilai dan merencanakan sumber daya perusahaan dengan sebaik mungkin. ERP dipilih untuk memenuhi informasi perusahaan dan kebutuhan bisnis. Persyaratan diambil dari pengguna akhir, serta berbagai kepala departemen. Modul dipilih untuk membantu mengotomatisasikan proses bisnis adalah: oracle, keuangan, manajemen persediaan, manufaktur, penjualan dan pemasaran, manajemen order, dan pengadaan. Untuk memastikan keberhasilan implementasi ERP, El-Alamain difokuskan pada kebutuhan proses bisnis berikut; dokumentasi proyek manajemen; pengukuran kinerja pasca implementasi; CEO dan keterlibatan konsultan TI di komite pengarah proyek, dan pelatihan yang memadai dan manajemen perubahan.
Informasi berharga yang diberikan antara lain adalah : penerapan ERP dala perusahaan ini membuat perusahaan bisa berkembang menjadi lebih baik dengan perencaan yang matang biarpu demikian ada juga hambatan dalam pelaksanaannya antara lain resistensi terhadap perubahan manajemen yang dilakukan.
2.       Apa risiko yang dihadapi El Alamein dalam menerapkan sistem ERP? Bagaimana Anda mengevaluasi tindakan yang diambil dari sisi mereka untuk mengurangi faktor-faktor risiko?
Jawaban :
Resiko yang dihadapi perusahaan El Alamein ini adalah terjadinya resistensi (menunjukan pada posisi sebuah sikap untuk berperilaku bertahan, berusaha melawan, menentang atau upaya oposisi pada umumnya sikap ini tidak berdasarkan atau merujuk pada paham yang jelas)  terhadap perubahan yang dialami manajemen.
Menurut evaluasi saya, ketiga tindakan yang diambil oleh El Alamein yakni pertama, mengidentifikasi orang yg paling utama dari semua bidang fungsional yang akan bertindak sebagai agen perubahan dan mengambil tanggung jawab membujuk karyawan lain tentang pentingnya sistem. Kedua, melatih pengguna untuk menggunakan sistem baru dan memahami bagaimana proses bisnis baru akan terkena dampak; dan ketiga mendorong partisipasi pengguna akhir proyek dengan melibatkan karyawan lebih dari sekedar manajemen senior dalam keputusan, analisis, dan implementasi sudah sangat baik sekali. Dengan melihat siapa paling bisa diandalkan untuk membujuk dan mempengaruhi karyawan akan lebih mudah untuk menerapkannya. Selain itu melibatkan karyawan dalam pengambilan keputusan dengan mendengarkan saran – saran dari karyawan tersebut akan membuat kinerja karyawan meningkat dan memberikan dampak yang positif bagi kelangsungan dan kemanjuan perusahaan.
3.       Nilai investasi apa  yang diperoleh El Alamien dalam IT/IS?
Jawaban :
Dengan menerapkan berbagai teknologi dan sebagainya El Alamien memeproleh nilai yang sangat tinggi bagi perusahaannya. Setelah dua tahun menerapkan berbagai teknologi dan solusi, El Alamein telah mengurangi risiko investasi, integrasi proses menjadi lebih kuat, meningkatkan produktivitas dan meningkatkan efisiensi penanganan persediaan. Dengan investasi TI, perusahaan telah membentuk hubungan strategis dengan perusahaan multinasional.
Pembentukan El Alamain IT / IS telah mengakibatkan peningkatan nilai perusahaan lebih dari USD 10 juta. Ini hampir lima kali dibandingkan apa yang telah dihabiskan untuk investasi TI/IS, membuat pengembalian investasi TI / IS lebih dari 500 persen. Hal ini tentunya membuat perusahaan ini semakin berkembang dan bisa menghasilkan profit yang lebih dan bisa terus berkembang di kemudian hari. Ini menunjukkan nilai yang diperoleh perusahaan ini sangat tinggi dengan penerapan teknologi dalam kegiatannya.

0 komentar:

Posting Komentar

Rizka M. Alfajri Blog's Copyright © 2011 | Template created by O Pregador | Powered by Blogger