life is adventure!!!!

Sabtu, 17 September 2011

Review about Case Study Question (Jawaban Kasus)


Review about Case Study Question !!!
Jawaban Pertanyaan :
1.    Jenis aplikasi apakah yang dijelaskan di sini? Fungsi bisnis apa yang mereka dukung? Bagaimana mereka meningkatkan efisiensi operasional dan pengambilan keputusan?
Jawaban :
Jenis aplikasi yang dijelaskan adalah aplikasi perangkat Lunak baru CRM atau sistem pemasaran melalui jejaring sosial yang ditawarkan dalam smartphone. Aplikasi ini mendukung fungsi bisnis dalam hal pemasaran, promosi dan penyampaian informasi yang lebih fleksibel, cepat dengan biaya yang lebih sedikit. Sehingga perusahaan bisa menghemat biaya dalam kegiatan perusahaan tersebut.
Dengan adanya aplikasi ini operasional perusahaan menjadi lebih mudah dengan satu kontrol dari manajemen yang bisa dilakukan setiap saat dan makin memudahkan semua kegiatan yang dilakukan dalam perusahaan tersebuat dalam semua bidang, dengan demikian proses pengambilan keputusan bisa dilakukan dengan tepat dan secepat mungkin karena informasi bisa diperoleh dengan cepat sesuai kebutuhan manajemen yang mengambil keputusan.

2.    Identifikasikan masalah bisnis dalam studi kasus yang diselesaikan dengan menggunakan perangkat mobile digital.
Jawaban :
Dalam kasus ini masalah yang berhasil diselesaikan dengan menggunakan perangkat mobile digital seperti di rumah sakit Doylestown (pusat medis dekat Philadelphia), dimana semua karyawannya (dokter) menggunakan ponsel iPhone 3G agar bisa selalu terhubung dengan staf rumah sakit, orang terdekat dan informasi mengenai semua pasinnya. Dengan menggunakan semua fitur seperti email dan kontak dari Microsoft Exchange ActiveSync, memungkinkan semua dokter menerima semua pesan penting dan darurat dari rumah sakit. iPhone membuat semua dokter bisa berkomunikasi dengan cepat dengan semuanya.
Selanjutnya ada juga DW Morgan, Yang berkantor Pusat di Pleasanton, california, berfungsi sebagai Konsultan Penyedia layanan Transportasi logistik. Sebagai driver Morgan ini membuat semua proses pengiriman barang menjadi sangat cepat karena bisa menggunakan informasi dan bantuan GPS sebagai penunjuk arah dan ChainLinq untuk update status yang juga dari mobile digital.
Selain itu ada juga Aedas Olahraga adalah salah satu desainer terkemuka di dunia olahraga serbaguna, hiburan, dan fasilitas pameran. Setiap karyawan dilengkapi dengan iPhone. Desainer dan arsitek, yang bekerja dalam aliran hampir terus-menerus komunikasi, menggunakan kamera iPhone mereka untuk mengambil gambar desain, model, dan situs konstruksi. Mereka mengirim foto-foto bersama dengan e-mail, pesan teks, dan dokumen di kantor. Dan tentu saja mereka menggunakan iPhone untuk panggilan telepon. Productivityhas melonjak sebanyak 400 persen. Masalah informasi dan kreativitas menjadi kebutuhan utama.
3.    Jenis usaha apakah yang paling mungkin memperoleh manfaat dari melengkapi karyawannya dengan  perangkat digital mobile seperti iPhone dan BlackBerrys?
Jawaban :
Hampir semua usaha memberikan manfaat yang besar, terutama untuk perusahaan-perusahaan besar dan sangat berkembang, hal ini akan memudahkan penyampaian informasi dan akan membuat semua pekerjaan menjadi lebih mudah, fleksibel dan efisien. Seperti contoh di atas ada rumah sakit, perusahaan pengantar barang, dan perusahaan designer. Semuanya memberikan manfaat dan dampak yang signifikan terhadap kemajuan perusahaan tersebut.

4.    CEO DW Morgan telah menyatakan, "iPhone tidak merubah permainan, ini perubahan industri. Perubahan ini cara untuk dapat berinteraksi dengan pelanggan anda dan dengan pemasok " Diskusikan implikasi dari pernyataan ini
Jawaban :
iPhone memberikan semua kemudahan yang diperlukan untuk sebuah industri. Semua informasi bisa dengan mudah diterima dari satu pihak ke pihak yang lain untuk selanjutnya diproses. Dengan berbagai aplikasi yang disediakan iPhone semakin mendekatkan antara sebuah perusahaan dengan pelanggan dan pemasok barang atau bahan baku, hal ini akan menguntungkan kedua belah pihak dimana perusahaan bisa menjaga pelanggan agar tetap loyal dengan memberikan informasi atau menerima semua informasi kebutuhan pelanggan. Begitu juga dengan pemasok yang bisa mengetahui kebutuhan perusahaan secara cepat melalui perangkat atau aplikasi yang disediakan oleh iPhone. Interaksi untuk memperoleh informasi sangat penting untuk menjaga hubungan dan peningkatan kualitas perusahaan dan iPhone menjawab semua kebutuhan untuk hal tersebut.

Review Secara Keseluruhan ( Kesimpulan ) :
Secara umum smartphone (blackberry atau iPhone) menjawab semua kebutuhan dalam bidang bisnis. Semua kemudahan ditawarkan dengan berbagai aplikasi yang ada. Semua aplikasi mempercepat informasi untuk disamapaikan dan diterima oleh setiap user dari informasi tersebut. Menjadi penting saat informasi tersebut bisa diketahui dengan cepat dan akuran karena akan mempengaruhi proses decision making (pengambilan keputusan). Tak hanya informasi saja, berbagai kemudahan lain disediakan untuk membantu bisnis semua perusahaan. Sperti GPS atau aplikasi lain yang mendukung untuk perusahaan yang bergerak di bidang designer dan sebagainya.
Berbagai bisnis membutuhkan kemudahan dalam pelaksanaan kegiatan perusahaannya. Baik itu dimulai dari produksinya, promosi hingga sampai pada pemasaran, di sinilah smartphone memberikan keunggulannya. Dengan penggunaan teknologi yang lebih baik akan mendukung kemajuan perusahaan tersebut sehingga dapat terus berkembang dan menjaga hubungan baik dengan semua stakeholders (pemangku kepentingannya), tanpa ada informasi yang terlambat ataupun sulit untuk di dapatkan.

0 komentar:

Posting Komentar

Rizka M. Alfajri Blog's Copyright © 2011 | Template created by O Pregador | Powered by Blogger